Return to site

Langkah Pemerintah Tekan Angka Kemiskinan di Indonesia

Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka

broken image
Namun, diakui, mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), Bambang menjelaskan bahwa pada September 2017, terjadi peningkatan P1 dan P2. Salah satu penyebab peningkatan ini, dikarenakan terjadi inflasi pada padi dan umbi-umbian.

“Karena itu, dari strategi ini, kami ingin ke depan P1 dan P2 ini bisa berkurang,” tambahnya.

Ia menjelaskan, dengan program ini, diharapkan indeks kedalaman kemiskinan (P1) dan keparahan kemiskinan (P2) bisa diatasi.

“Strategi dan program ini merupakan salah satu langkah untuk mengurangi garis kemiskinan,” katanya, di kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (9/1).

Lalu, penyaluran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga akan diberikan dalam bentuk pemberian BPNT maupun rastra, dan juga akan dilakukan program Padat Karya Tunai (Cash for Work) untuk 1000 desa di 100 Kabupaten/kota.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan, bantuan-bantuan yang akan diberikan berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan sosial beras sejahtera (rastra).

Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia. Dalam hal ini, Bappenas membentuk strategi dan program untuk mengatasi kemiskinan yang ada saat ini.

Penjelasan Bappenas Soal Tantangan Penurunan Kemiskinan di 2018 | PT Rifan Financindo Berjangka

Meskipun begitu, dari sisi lajunya, pada periode 2010-2014, tingkat penurunan kemiskinan di wilayah perdesaan lebih cepat dari di perkotaan. Sedangkan, pada 2014-2016, penurunan kemiskinan di perdesaan melambat, bahkan terjadi peningkatan angka kemiskinan pada 2014-2015.

“Namun, pada 2016-2017, penurunan kemiskinan di wilayah perdesaan lebih cepat dari perkotaan,” kata Bambang.


“Secara persentase kemiskinan di perdesaan lebih tinggi dibandingkan perkotaan,” kata dia.

Berdasar data per September 2017, tingkat kemiskinan di perdesaan mencapai 13,47 persen, sedangkan di perkotaan 7,26 persen.

Bambang menjelaskan penyebab terjadinya penurunan tingkat kemiskinan yang landai ialah, “Karena ada tingkat kedalaman dan keparahan (kemiskinan) yang masih harus diperbaiki melalui perbaikan program (bantuan untuk orang miskin), dan masih harus memperbaiki ketepatan sasarannya.”

Dia berpendapat demikian karena persoalan perbaikan angka kemiskinan bukan hanya berkaitan dengan penurunan jumlah dan persentase penduduk miskin. Bambang mencontohkan, dari sisi kedalaman dan keparahan kemiskinan, ada masalah ketimpangan ekonomi antara perdesaan dan perkotaan yang masih besar.

“Angka 20 persen itu turun perlahan sampai menjadi 10,12 persen di 2017. Sekarang, tingkat penurunannya mulai datar,” ujarnya.

Karena itu, menurut dia, pilihan terbaik pemerintah salah ialah terus berfokus menekan angka kemiskinan absolut. “Sekarang (jumlah penduduk miskin) 26,58 juta, (menurun) dari 27,76 juta. Jadi, menurun banyak. Mudah-mudahan perbaikan ke depan bisa lebih besar lagi,” kata dia.


Sementara pada 2012-2017, secara berturut-turut data tingkat kemiskinan ialah 11,66 persen, 11,47 persen, 10,96 persen, 11,13 persen, 10,70 persen, dan 10,12 persen.

Bambang mencatat angka kemiskinan di masa orde baru sempat menurun tajam dari 40 persen menjadi 11,7 persen pada era sebelum krisis ekonomi 1998. Setelah krisis melumat perekonomian Indonesia, angka kemiskinan terkerek cepat hingga melebihi angka 20 persen.

Begitu masuk 12, 11, 10 persen, dalam terget 10 persen ke bawah, penurunannya akan lebih landai. 10 persen ke bawah jangan harap penurunannya akan tajam,” ujar Bambang di kantor Bappenas Jakarta pada Selasa (9/1/2018).

Dia mencontohkan penurunan tingkat kemiskinan bisa lumayan tajam dari periode 2007 ke 2012, yakni dari 16,58 persen menjadi 11,66 persen. Sementara data penurunan tingkat kemiskinan sejak 2012 hingga saat ini hanya bergerak tipis.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengakui ada tantangan berat untuk memenuhi target penurunan kemiskinan hingga di bawah 10 persen pada tahun ini.

Target penurunan tingkat kemiskinan Indonesia untuk 2018 adalah menjadi sebesar 9,5 persen atau harus membaik dari catatan per-September 2017, yakni 10,12 persen.

Beras dan Rokok Berkontribusi Terhadap Kemiskinan | PT Rifan Financindo Berjangka

Inflasi di daerah perkotaan terjadi akibat upah buruh bangunan secara riil mengalami penurunan karena peningkatan inflasi padi dan umbi-umbian pada daya beli kelompok termiskin ini. Selain itu, inflasi yang berdampak pada peningkatan P1 dan P2 ini juga tersebab masih tingginya kontribusi beras terhadap garis kemiskinan.

"Di perkotaan kontribusi beras terhadap kemiskinan sebesar 18,8 persen, sedangkan di perdesaan mencapai 24,52 persen," kata Bambang.

Angka P1 dan P2 dilaporkan meningkat kendati tingkat kemiskinan turun. Bappenas mengumumkan tingkat kemiskinan pada September 2017 sebesar 10,12 persen. Angka ini turun sebesar 0,58 persen dibandingkan September tahun sebelumnya. Adapun jumlah penduduk miskin dilaporkan berkurang sebanyak 1,18 juta jiwa dalam satu tahun.

Bambang mengatakan, peningkatan P1 menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung menjauhi garis kemiskinan. Hal ini mengindikasikan semakin besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mengangkat orang keluar dari kemiskinan. Adapun peningkatan P2 menunjukkan bahwa ketimpangan di antara penduduk miskin semakin melebar. "Sehingga ketepatan sasaran program-program dalam menjangkau terutama penduduk termiskin semakin diperlukan," ujar Bambang.

Bambang memaparkan, peningkatan P1 dan P2 ini terjadi akibat peningkatan inflasi padi dan umbi-umbian yang cukup tinggi dibandingkan inflasi umum, bahkan pada periode yang sama 2016. Inflasi indeks harga makanan terjadi lantaran menurunnya pasokan gabah kering dan adanya hama wereng cokelat yang melanda setidaknya 30 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Selain itu Bappenas menyatakan indeks kedalaman kemiskinan (poverty gap/P1) dan keparahan kemiskinan (poverty severity index/P2) naik pada September 2017. P1 dan P2 naik kendati tingkat kemiskinan mengalami penurunan.

"P1 meningkat 0,05 persen secara year on year menjadi 1,79 persen dan P2 meningkat 0,02 persen menjadi 0,46 pada September 2017," kata Bambang.

Selain kedua barang tersebut, kemiskinan di perkotaan juga disumbang oleh telur ayam ras (3,63 persen), daging ayam ras (3,36 persen), mie instan (2,24 persen), dan daging sapi (5,71 persen). Sedangkan kemiskinan di perdesaan disumbang oleh gula pasir (2,95 persen), telur ayam ras (3,18 persen), mie instan (2,11), dan daging sapi (2,83 persen).

Bappenas menemukan bahwa konsumsi daging sapi baik di perkotaan maupun perdesaan baru menjadi tren sejak 2016. "Baru muncul September 2016, di sinilah ada perubahan pola konsumsi masyarakat Indonesia. Mungkin karena perbaikan income dan kesadaran perbaikan gizi," ujar Bambang.

"Yang paling penting menjaga harga beras untuk masyarakat perdesaan, karena sumbangannya besar," kata Bambang di kantornya, Jakarta pada Selasa, 9 Januari 2018.

Adapun rokok kretek filter sama-sama menempati posisi kedua setelah beras. Rokok kretek filter menyumbang 9,98 persen kemiskinan masyarakat perkotaan dan 10,70 persen kemiskinan masyarakat perdesaan. Bambang berujar, bukan berarti masyarakat bisa meminta pemerintah menurunkan harga rokok, tetapi tidak merokok sebab barang tersebut dapat menyebabkan kemiskinan. "Selain beras, rokok juga bisa membuat orang miskin," kata Bambang.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan beras dan rokok kretek filter merupakan dua komoditas yang paling berkontribusi terhadap kemiskinan. Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan data mencatat temuan ini baik di perkotaan maupun perdesaan.

Data year on year pada September 2017 mencatat, beras menyumbang 18,8 persen terhadap garis kemiskinan di perkotaan. Sedangkan di perdesaan, bahan makanan pokok ini menyumbang 24,52 persen terhadap garis kemiskinan.